Sabtu, 07 September 2019

Menghapus File Secara Permanen pada Windows

PUTRAWANKURNIA.BLOGSPOT.COM - Ada kalanya kita merasa yakin karena tidak membutuhkan lagi file-file yang hendak kita hapus. Untuk itu, daripada hanya menambah kapasitas yang tidak perlu  pada ruang penyimpanan system dikarenakan secara baku atau default, Windows akan meletakkan file-file yang telah kita hapus ke dalam Recycle Bin. Maka apabila sudah merasa yakin kita dapat menghapus file tersebut secara permanen saja.

Ada 2 (dua) cara yaitu :


  1. Menggunakan tombol kombinasi pada keyboard dengan menekan tombol "Shift" + "Delete"
  2. Dengan memberi pengaturan secara menyeluruh pada suatu drive penyimpanan (storage)

Gbr. 1 : Menghapus file secara permanen (Shift + Delete)
1. Menghapus permanen file tertentu

Pada gambar 1 (satu) disamping merupakan cara menghapus file atau folder secara permanen.

Kombinasi tombol keyboard : Shift + Delete









Gbr. 2 : Pengaturan tertentu pada tempat penyimpanan
2. Pengaturan tertentu

Metode yang kedua ini yaitu dengan memberi perintah secara menyeluruh kepada sebuah tempat penyimpanan (storage/ drive).

Tujuannya ketika kita menghapus suatu file, maka file tersebut akan langsung dihapus secara permanen tanpa repot menekan tombol kombinasi seperti cara 1 diatas.

Cukup menekan tombol delete, maka file tersebut akan terhapus secara permanen.


Pada gambar 2 (dua), dengan klik kanan dan memilih perintah "Properties" maka akan membuka jendela pengaturan properties Recycle Bin.

Pada properties, terdapat daftar drive penyimpanan yang tersedia pada komputer kita. Pilih salah satu drive yang dirasa yakin dalam melakukan penghapusan file yang berada di drive tersebut secara permanen tanpa mengirim file tersebut ke Recyle Bin. Pilih opsi "Don't move files to the Recycle Bin. Removes files immadiately when deleted".

Catatan : Kedua metode diatas dapat dilakukan apabila dirasa yakin atas apa yang dilakukan, karena file-file yang sudah dihapus secara permanen tidak akan dapat ditemukan di dalam tong sampah atau Recycle Bin pada windows. Gunakan secara bijak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar