Sabtu, 07 September 2019

HUT Kemerdekaan RI Ke-74 di Tanjung Pura, Langkat

PUTRAWANKURNIA.BLOGSPOT.COM - Setiap tahunnya bertepatan dengan tanggal 17 Agustus, setidaknya ada lebih dari 30 instansi sekolah se-kecamatan Tanjung Pura mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga SLTA dan sederajat untuk mengikuti kegiatan upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini diawali sejak pagi hari dengan mengambil baris dan tempat masing-masing, berkumpul di lapangan sepak bola stadion Nurcahaya (dahulu bernama stadion Tengku Amir Hamzah) di Tanjung Pura.

Gbr. 1 : Gerbang stadion Nurcahaya kecamatan Tanjung Pura
Instansi sekolah-sekolah yang sebelumnya sudah ditetapkan agar menghadiri upacara, diharapkan menghadiri dan sudah berkumpul dilapangan stadion sebelum tertib upacara dimulai pada pukul 09:30 s/d 10:00 pagi hari.

Beragam atribut dapat kita lihat dari berbagai instansi sekolah-sekolah dalam memeriahkan acara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan 17 Agustus 2019 di stadion kebanggaan masyarakat Tanjung Pura ini.



Pada gambar 1 (satu) diatas, kita dapat melihat suasana diluar stadion masih belum begitu ramai peserta dan pengunjung yang ingin melihat jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-74.

Foto pada gambar 1 (satu) masih menunjukkan sekitar pukul 07:30 di pagi hari. Untungnya pada hari tersebut, sejak pagi cuaca sangat cerah sekali mengakibatkan panas yang begitu terasa terik menjelang tengah hari.


Gbr. 2 : Suasana di depan gerbang diluar stadion
Sekitar 10 s/d 15 menit berikutnya sekitar pukul  07:45 WIB, tampak para pengunjung masyarakat  yang ingin menyaksikan baik yang berasal dari sekitar stadion maupun berasal dari daerah dan desa lain mulai berdatangan.

Tentunya rombongan para peserta, murid-murid, para guru, dll. yang berasal dari berbagai instansi sekolah-sekolah se-kecamatan Tanjung Pura juga mulai berdatangan untuk menghadiri upacara peringatan yang di adakan rutin setiap tahunnya ini.





Gbr. 3 : PASKIBRA
Sekitar pukul 08:30 tibalah pasukan pengibar bendera berjalan kaki dengan tertib dan berbaris rapi menuju pintu masuk stadion.

Anggota PASKIBRA ini merupakan siswa siswi yang dipilih yang berasal dari kecamatan Tanjung Pura, mewakili sekolah masing-masing, mereka bertugas membawa bendera dan menaikkan bendera ke tengah lapangan.








Acara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini, disamping menjadi peringatan rutin tahunan, kita sebagai penerus bangsa sudah seharusnya antusias dalam mengingat, melakukan dan turut memeriahkan semangat atas perjuangan bangsa, pahlawan dan segenap pengorbanan para pendahulu kita di masa lalu.

Perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia ini juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Tanjung Pura khususnya, berbagai kemeriahan atribut para peserta pawai, partisipasi masyarakat dan lain sebagainya yang ikut serta menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan yang berlangsung pada Sabtu, 17 Agustus 2019 di kecamatan ini.

Gbr. 3 : Antusiasme warga turut memeriahkan dalam memperingati HUT RI Ke-74


Gbr. 4

Pada sekitar pukul 09:00 baik area luar di depan stadion maupun di dalam stadion berlangsungnya acara, situasi sudah ramai pengunjung baik itu masyarakat maupun para hadirin yang mengikuti peringatan upacara ini.

Dapat kita lihat masyarakat yang antusias hendak menyaksikan prosesi upacara hari ulang tahun kemerdekaan mulai berdatangan baik penduduk dari sekitar stadion maupun yang berasal dari daerah lain kecamatan.




Gbr. 5
Penduduk masyarakat diperbolehkan untuk menyaksikan jalannya prosesi upacara HUT Kemerdekaan RI yang ke-74 ini secara langsung mulai dari awal hingga selesai. Namun tetap diingatkan panitia agar menjaga ketertiban pada saat berlangsungnya upacara nanti.

Terdapat 1 (satu) pintu gerbang utama, 2 (dua) pintu kecil dan 2 (dua) pintu gerbang besar yang letaknya paling sudut baik sudut kiri dan kanan tembok stadion.



Apabila ada pertandingan sepakbola, kedua gerbang ini  difungsikan sebagai sarana pintu keluar masuk bagi kedua kesebelasan yang membawa rombongannya masing-masing. Gerbang inilah yang dibuka untuk pengunjung masyarakat diperbolehkan untuk menyaksikan kegiatan upacara HUT Kemerdekaan RI yang rutin setiap tahunnya dilaksanakan di stadion ini.

Gbr. 6 : Para peserta maupun masyarakat pengunjung mulai
meramaikan isi stadion Nurcahaya Tanjung Pura
Dapat kita lihat suasana keramaian peserta dan pengunjung mulai berdatangan memasuki stadion dan ada pula yang sudah berkumpul bersiap-siap mengambil posisi barisannya masing-masing.

Terlihat pada foto-foto yang tertera demikian banyaknya para peserta didik yang mengikuti upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini. Adapula kelompok marching band yang akan mengiringi alunan musik-musik dan irama kebangsaan sebagai bagian dalam tertib acara nantinya.





Tak lupa pula panitia acara untuk mengingatkan kepada para pengunjung atau masyarakat yang menyaksikan jalannya upacara nantinya agar menjaga ketertiban, tidak diperkenankan melewati sekitar depan podium lapangan agar upacara dapat berjalan lancar.

Gbr. 7 : Peserta dari instansi sekolah mulai memasuki stadion
Disebelah kiri dan kanan tribun utama juga telah diramaikan oleh pengunjung masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya upacara peringatan hari kemerdekaan yang rutin diadakan setiap tahunnya di stadion ini.

Terdapat tribun utama yang memiliki panggung podium berada di tengah-tengah, podium ini berguna bagi inspektur upacara memberikan pidato. Dibelakang podium masih dapat ditempati oleh lebih dari 20 orang untuk dapat mengambil tempat duduk masing-masing, tempat duduk ini biasa ditempati oleh jajaran para pejabat, tokoh masyarakat, maupun dewan terhormat lainnya.



Gbr. 8 : Tribun utama stadion
Sisi kiri dan kanan podium dapat menampung sekitar lebih dari 200 orang pada masing-masing sisinya. Terdapat juga tribun tambahan berada di sisi kanan tribun utama (apabila menghadap ke arah podium), tribun ini tidak memiliki atap sebagai pelindung peserta yang duduk ditempat ini, tribun ini difungsikan sebagai tambahan bangku penonton dalam pertandingan sepakbola, daya tampungnya sekitar 100 s/d  200 orang.








Gbr. 8 : Jajaran pejabat yang menghadiri
upacara peringatan HUT RI Ke-74
Upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 ini, selain pemimpin camat beserta jajarannya, turut pula hadir para pejabat seperti Anggota DPRD Langkat Arifuddin, Kapolsek Tanjung Pura IPTU Arwanda Sahputra Sembiring SH, Danramil 11 Tanjung Pura Kapten Inf. Dwi Suwarno. KUPT se-kecamatan Tanjung Pura, sejumlah besar ASN, Kades, Lurah bahkan beberapa diantaranya dihadiri juga oleh Legiun Veteran, ormas-ormas, organisasi dan tidak lupa generasi penerus bangsa yaitu para peserta didik siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar, SMP, SLTA dan sederajat lainnya yang ada di kecamatan Tanjung Pura.



Setelah panitia acara menginstruksikan agar peserta merapikan barisan masing-masing melalui pengeras suara, tak lama sesi tertib pembukaan acara pun dimulai.

Komandan upacara melapor kepada inspektur upacara yang tidak lain adalah pemimpin kecamatan (Camat) Tanjung Pura Taufik Rieza, S.STP, melaporkan bahwa upacara siap untuk dilaksanakan.

Pembacaan Proklamasi oleh pemimpin camat Taufik Rieza, S.STP yang juga berlaku sebagai inspektur upacara (irup). Setelah penyampaian pidato yang disampaikan oleh camat beserta pembacaan doa setelahnya maka sesi upacara pun dapat dikatakan hampir selesai. Untuk selanjutnya yaitu acara pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera.

Jumlah pasukan pengibar bendera dalam upacara ini berjumlah 33 orang terdiri dari 13 orang berada pada kelompok depan, di tengah bersamaan dengan kelompok pembawa baki dan bendera berjumlah 9 (sembilan) orang, dan pada kelompok barisan akhir berjumlah 13 orang. Proses arak-arakan bendera merah putih hingga selesai penaikan bendera mencapai waktu selama 10 s/d 15 menit.

Setelah prosesi tertib upacara selesai hingga pemasangan bendera merah putih, kini semua pihak yang berada di lapangan disajikan kemeriahan dari penampilan marching band yang sengaja untuk dipersilahkan menampilkan kebolehan dan kemampuan mereka yang sudah banyak dikenal dengan prestasi gemilang yang mereka miliki. Hal tersebut dibuktikan dengan prestasi mereka menjuarai sejumlah event-event marching band di berbagai kota di Sumatera Utara.

Mereka adalah GITA MANSA, sebuah kelompok marching band berasal dari Madrasah Aliyah Negeri 1 (satu) Tanjung Pura, Langkat yang memiliki kemampuan kekompakan alunan irama musik yang mereka bawa, kemampuan baris berbaris, meniup terompet dengan kekompakan koreografi yang sangat menghibur semua yang hadir menyaksikannya. Berikut dibawah adalah cuplikan prnampilannya.

Pertunjukan dari kelompok marching band Gita Mansa merupakan akhir dari acara upacara peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-74 yang diikuti oleh lebih dari 30 instansi sekolah-sekolah berserta kehadiran elemen-elemen lainnya berlangsung di stadion Nurcahaya, kecamatan Tanjung Pura yang diadakan pad Sabtu, 17 Agustus 2019.

Untuk selanjutnya seluruh peserta dan hadirin yang berada di dalam stadion keluar untuk melaksanakan kegiatan penutup berupa marching band dari seluruh peserta yang hadir, ber arak-arakan berjalan menuju jalan-jalan besar di kelurahan Pekan Tanjung Pura  yang sudah ditentukan.

Jalan-jalan dipenuhi oleh masyarakat yang antusias menonton pertunjukan marching band yang ditunjukkan oleh masing-masing sekolah dengan atraksi dan kebolehannya memainkan berbagai alat musik yang mereka bawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar