Senin, 09 September 2019

Tanjung Pura, Kab. Langkat

PUTRAWANKURNIA.BLOGSPOT.COM - Tanjung Pura adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Langkat, beribukotakan Stabat dan termasuk di dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Mengapa saya membahas Tanjung Pura? hal ini dikarenakan saya adalah orang yang lahir di kecamatan ini, tepatnya di Desa Lalang. Kedua orang tua saya berasal dari suku yang berbeda, ayah saya suku asli Melayu sementara ibu saya suku asli Gayo.

Gbr. 1 : Tugu "Selamat Datang" di Tanjung Pura
Tugu selamat datang pada gambar 1 (satu) disamping, seingat saya sudah ada sejak saya beranjak remaja sekitar tahun 1998/99. Tidak begitu tahu pasti kapan tugu tersebut dibangun sementara saya juga tidak menggali informasinya, namun perkiraan saya usia tugu tersebut berkisar antara 15 s/d 20 tahun atau bahkan lebih. Tugu ini hanya berjarak sekitar 50 meter dari Rumah Tahanan Kelas II B Tanjung Pura.

Mayoritas penduduk di kecamatan Tanjung Pura, sejak jaman kolonial didominasi oleh masyarakat suku Melayu dan sebagian kecil lainnya adalah Jawa, Aceh, Tionghoa, Minang dan hingga tulisan ini saya buat, saat ini diperkirakan terdapat juga sejumlah penduduk yang berasal dari suku Batak dan suku campuran lainnya.

Tanjung Pura merupakan daerah yang masyarakatnya lekat dengan adat, kebudayaan serta ketuhanan. Kecamatan Tanjung Pura juga berdekatan dengan kampung Besilam, kampung yang pertama sekali dibangun oleh Almarhum Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan.

Seperti yang sebagian dari kita ketahui, kecamatan Tanjung Pura ini adalah dulunya (zaman kolonial) merupakan wilayah atau pemerintahannya berupa kesultanan.

Berikut cuplikan data yang berkaitan dengan kecamatan Tanjung Pura yang saya peroleh melalui situs resmi Badan Pusat Statistik Kabupaten Langkat berdasarkan data di tahun 2017/2018 :

Tercatat ada 3 (tiga) Sultan yang pernah memegang kekuasaan yaitu :
  • Sultan Pertama adalah Sultan Al. Haj
  • Sulatan Kedua adalah Sultan Abdul Aziz
  • Sultan Ketiga adalah Sultan Mahmud
Kecamatan Tanjung Pura terdiri dari 19 desa/kelurahan antara lain :
  1. Kelurahan Pekan Tanjung Pura
  2. Desa Serapuh Asli
  3. Desa Pematang Tengah
  4. Desa Paya Perupuk
  5. Desa Pekubuan
  6. Desa Teluk Bekung
  7. Desa Baja Kuning
  8. Desa Pematang Sungai
  9. Desa Pulau Banyak
  10. Desa Lalang
  11. Desa Pantai Cermin
  12. Desa Pematang Cengal
  13. Desa Bubun
  14. Desa Tapak Kuda
  15. Desa Kwala Langkat
  16. Desa Kwala Serapuh
  17. Desa Karya Maju
  18. Desa Suka Maju
  19. Desa Pematang Cengal Barat
Jumlah penduduk terbanyak berada di keluarahan Pekan Tanjung Pura mencapai 12.682 jiwa (data tahun 2017), diperingkat kedua yaitu pada Desa Pematang Cengal dengan jumlah penduduk mencapai 7.914 jiwa dan ketiga yaitu Desa Pantai Cermin dengan jumlah penduduk mencapai 5.837 jiwa. Total jumlah penduduk di kecamatan Tanjung Pura mencapai 68.464 (Tahun 2017).

Gbr. 2 : Suasana kelurahan Pekan Tanjung Pura
pada pagi hari
Sementara wilayah kilometer persegi paling luas yaitu Desa Pematang Cengal dengan luas wilayah 27,92 Km2, kedua yaitu Desa Tapak Kuda dengan luas wilayah 22,75 Km2 dan yang terakhir yaitu Desa Bubun dengan luas wilayah 18,42 Km2. Luas wilayah kecamatan Tanjung Pura mencapai 17.961 Ha (179,61 Km2).

Mata pencaharian penduduk kecamatan Tanjung Pura bermacam-macam, sebagian besar terdapat di sektor pertanian dan sebagian besar lagi adalah pada sektor perikanan, selebihnya adalah usaha kecil hingga menengah (UMKM).




Adapun peta kecamatan Tanjung Pura yang bersumber dari Google Map :



Potensi alam menjanjikan masyarakat yang hidup di wilayah ini, memberikan keuntungan berupa lahan yang baik untuk bercocok tanam baik daratan maupun persawahan/rawa. Lokasi wilayah yang sangat dekat dengan perairan laut juga memudahkan masyarakat mencari sumber penghidupan dari hasil laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar