Sabtu, 07 September 2019

Menonaktifkan Windows Defender Windows 10

PUTRAWANKURNIA.BLOGSPOT.COM - Sejak era Windows 7, sistem operasi ini dilengkapi pertahanan dari potensi serangan malware (malicious software) seperti virus, spyware dan hal lain yang berpotensi merugikan sistem.

Fitur ini dikenal dengan nama Windows Defender Real-time Protection. Malware sendiri dapat masuk dan merugikan dari berbagai celah dan ruang masuk menuju sistem operasi, salah satunya dapat melalui website, email, aplikasi yang kita download dan sebagainya.


Windows Defender dapat berfungsi sebagai satpam yang selalu awas dalam hal-hal yang mencurigakan yang dilakukan software yang tidak dikenali atau suatu program yang berjalan tanpa ada izin resmi dari penggunanya. Cara kerjanya dengan memberi tahu penggunanya melalui notifikasi yang ada atau bahkan dapat langsung mem-blokir kegiatan program yang mencurigakan tersebut.

Windows Defender ini sangat baik sekali karena fungsinya yang memberikan cukup keamanan dan jaminan pada sistem dari gangguan software-software yang merugikan atau malicious software tadi. 

Namun, pada suatu waktu kita perlu dimana sebuah program atau software yang kita miliki perlu untuk dijalankan sementara apabila Windows Defender ini kita aktifkan, maka akan terjadi pemblokiran dan menggagalkan perintah eksekusi software yang ingin kita install atau jalankan tadi.

Nah, dalam hal ini tidak semua software yang akan kita jalankan adalah merupakan program yang mencurigakan atau program semacam virus, seperti contohnya sebuah program tertentu yang sudah kita buat dan akan dijalankan pada windows, dan lain sebagainya yang diyakini bukanlah sebuah program atau software yang merugikan semacam virus.

Maka dari itu kita perlu menon-aktifkan terlebih dahulu fitur Windows Defender ini agar program kita dapat berjalan normal tanpa ada pemblokiran dari proteksi ini.


Berikut adalah langkah-langkahnya :

Gbr. 1 : Panah menunjukkan pengaturan Windows (Control Panel)


Langkah 1


Klik icon Windows pojok kiri layar, lalu pilih simbol roda bergerigi seperti contoh gambar 1 (satu) disamping.














Gbr. 2 : Update & Security pada Windows Settings



Langkah 2


Carilah dan pilih "Update & Security"









Gbr. 3 : Langkah 3 dan 4



Langkah 3 dan 4


Pilih terlebih dahulu panel sebelah kiri "Windows Security" Lalu pilih "Virus & threat protection"










Gbr. 4 : "Manage Settings"




Langkah 5


Klik "Manage Setting" dibawah menu Virus & threat protection setting









Gbr. 5 : Fitur on/off pada panel lanjutan




Langkah 6


Klik slide On/Off dibawah menu "Real-time protection"

Note: Biru berarti On, abu-abu berarti Off







Gbr. 6 : Peringatan menonaktifkan Windows Defender



Langkah 7


Muncul peringatan, pilih saja "Yes"











Gbr. 7 : Windows Defender non-aktif




Langkah 8

Windows defender Real-time protection telah di-nonaktifkan









Silahkan lihat video berikut dibawah untuk praktik langsung bagaimana cara menonaktifkan Windows Security, Windows Real-time protection pada Windows 10 :




Catatan : Untuk segera mengaktifkan kembali fitur Windows Defender ini apabila telah selesai melakukan proses instalasi program ataupun software. Juga perlu diingat selalu mengaktifkannya sebelum koneksi ke internet, mengingat banyak malicious sofware (malware) merugikan yang berpotensi mengganggu sistem operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar