Jumat, 06 November 2020

Tahap Dari Nol Channel YouTube hingga Gajian dari Google

PUTRAWANKURNIA.BLOGSPOT.COM - Ini sepertinya akan menjadi artikel yang demikian panjang. Izinkan saya bercerita pada bait permulaan artikel ini perihal pengalaman atau cerita yang barangkali tidak begitu ada kaitan dengan teknis yang akan saya sampaikan, namun hal-hal pribadi ini tidak akan saya abaikan karena sudah menjadi bagian dari pencapaian ini.

Postingan ini berkaitan dengan perihal "Content Creator" atau lebih dikenal dengan dunia atau sebagai sosok seorang "YouTuber".
 
Jadi berdasarkan judul yang saya buat, artikel ini bercerita tentang pengalaman saya dari awal mula pembuatan channel YouTube dengan nama channel "PUTRA KURNIAWAN" hingga pada akhirnya saya berpotensi menerima komisi dari pihak Google atau dengan istilah beken "Tinggal nunggu transferan gaji masuk dari Google".
 
Pembuatan channel saya ini dimulai sejak tahun 2018, dimana pada saat itu dibanding dengan saat ini tahun 2020, peraturan, pedoman dan tampilan teknis untuk calon YouTuber agak sedikit berbeda karena YouTube juga terus melakukan pembenahan dan pembaharuan.

Saya akan menceritakan apa yang saya alami berikut penyampaian teknis-teknis yang saya alami dan lakukan langkah demi langkah proses tersebut, aturan-aturan, melengkapi persyaratan, dst.

Harapan saya dengan adanya postingan ini, bermanfaat bagi yang ingin sekedar menambah wawasan atau bagi calon YouTuber pemula, bagi yang ingin mengetahui langkah-langkah apa saja setelah 1000 subscriber terpenuhi, setelah 4000 jam tayang publik apa yang dilakukan, dan seterusnya.

Selamat menyimak.




AWAL MULA IDE

Suatu waktu saya merasa tergugah dengan sebuah "kutipan" dari seorang investor dunia, pengusaha, pilantropis Amerika Serikat yang bernama Warren Buffet.

Berikut quote atau kutipan beliau:

If you don't find a way to make money while you sleep, you will work until you die.”

Jika kalimat diatas kita minta bantuan Google Translate maka artinya sbb:

Sumber: Google Translate

Barangkali sudah bisa dipahami maksud dari kutipan diatas. Lalu saya pun berpikir bahwa hal tersebut jika direnungkan benar sekali adanya.

Warren Buffet [Dennis Van Tine/AP]

Kita tidak bekerja maka kita tidak akan menghasilkan apa-apa dan hidup di dunia ini saling membutuhkan. Kita hidup membutuhkan banyak hal antara lain berupa sandang, pangan dan papan.

Untuk meperoleh kebutuhan hidup, tidak mungkin serta merta kita dapatkan dengan cuma cuma atau gratis. Harus ada yang ditukar sebagai imbalan untuk mendapatkan kebutuhan tersebut. Disinilah kita butuh suatu materi atau benda bernilai sebagai alat tukar kebutuhan hidup kita tadi.

Manusia membutuhkan banyak hal demi kebutuhan. Tidak makan maka akan kelaparan, sakit dan seterusnya. Uang dibutuhkan sebagai alat tukar kebutuhan manusia akan sesuatu, sesuatu yang berharga seperti emas, perak, berlian, dan materi lainnya yang bernilai juga bisa dijadikan alat tukar memperoleh kebutuhan hidup manusia. Jadi, dapat disimpulkan bahwa untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai tersebut kita harus memperolehnya dengan cara bekerja.

Dalam hidup, tentu kita tidak berkeinginan untuk terus menerus bekerja rutin untuk menghasilkan uang bukan?. Salah satu impian dan keinginan kita yakni adanya waktu untuk dapat benar-benar menikmati hidup ini dan tidak terus menerus bekerja, apalagi bekerja di usia tua. Sungguh melelahkannya hidup kita apabila di hari tua kita masih tetap bekerja mencari materi berupa uang untuk kebutuhan hidup.

Singkat cerita, saya memutuskan membuat channel ini, berharap dan terus belajar dalam dunia Content Creator atau YouTuber adalah salah satu cara untuk "Find a way to make money while I sleep", memperoleh penghasilan bahkan saat kita tidur, karena platform YouTube dapat disaksikan diseluruh belahan bumi, demikian tujuan saya.

Berangkat dari hal inilah mengingat adanya potensi tanpa batas waktu bagi kita sebagai mitra kerja YouTube untuk dapat menghasilkan uang bahkan saat kita sedang tidur sekalipun.




AWAL PENENTUAN & PEMBUATAN CHANNEL

Sebagai seorang content creator, kita perlu menentukan konsep sebuah channel YouTube. Kita ingin tema atau topik channel kita seperti apa?, harus ada penentuan konsep. Hal ini penting dalam pembuatan dan pembangunan seterusnya sebuah channel YouTube.

Banyak content creator di bidang topik seputar tips YouTube mengatakan saran hal ini kepada selaku YouTuber pemula. Penentuan konsep channel ke depan itu sangat penting sekali untuk diterapkan agar arah channel lebih konsisten dan mapan.

Namun hal diatas bukanlah sebuah hal yang mutlak, karena tidak sedikit juga channel serabutan cukup menghasilkan untuk kebutuhan hidupnya, mengharapkan pendapatan meski konten-konten channel nya sembarangan (sembarangan dalam arti masuk kategori layak atau ramah iklan).

Akan tetapi, jujur, bahwa channel saya sebenarnya tidak memiliki konsep yang pasti sejak awal, hingga suatu saat saya berpikir untuk membuat konsep channel dimana konten-konten videonya bertajuk tutorial dan tips seputar ilmu komputer dan video-video blogging berkaitan dengan pengalaman sehari-hari. Hingga saat ini konsep tersebut berjalan. Namun saya kira hal ini masih dalam kategori serabutan juga ya? maklum, amatiran.



Perihal channel penulis

Sekarang, mari kita lihat di bagian "ABOUT" di channel saya, perhatikan gambar dibawah:

Kolom "ABOUT" pada channel


Gambar diatas adalah kolom "ABOUT" atau "Tentang". Kolom ini ada pada setiap channel manapun yang telah mendaftar diri (register) dan memiliki channel di YouTube. Bagian ini merupakan data umum singkat perihal sebuah channel YouTube.

Terdapat bagian-bagian seperti:

Kolom Deskripsi (penjelasan singkat mengenai channel)
Kolom Detail (terdapat data email dan lokasi)
Kolom Links (untuk pencantuman alamat situs)
Kolom "Stats" (data sejak kapan mulai bergabung dan jumlah tayangan publik terakhir)

Diketahui, saya membuat channel dan terdaftar bergabung sejak 8 Agustus 2018. Dengan jumlah tayangan (view) sebanyak 221,858 (data per bulan Nopember 2020).

Dibawah ini adalah tampilan penuh dari kolom "ABOUT" pada channel saya:


Tampilan penuh kolom "ABOUT" pada sebuah channel


Video pertama saya diunggah pada bulan Agustus 2019. Dan sejak artikel ini ditulis setidaknya sudah ada 76 konten video yang sudah saya buat sejak pertama kali upload (21 Agustus 2019). Video pertama tersebut dapat dilihat di sini.

Untuk perolehan 1000 subscriber saya peroleh pada tanggal 2 Maret 2020 dan pemenuhan 4000 jam tayang publik yaitu pada tanggal 3 Agustus 2020.




TIMELINE (TAHAP-TAHAP PERJALANAN CHANNEL) MULAI DARI SYARAT PEMENUHAN 1000 SUBSCRIBER & 4000 JAM TAYANG PUBLIK HINGGA "TINGGAL MENUNGGU TRANSFER GAJI"

Sebelum kita menuju tahap-tahap berdasarkan apa yang saya alami dalam perjalanan channel saya, ada baiknya sebagai langkah awal, kita ketahui terlebih dahulu secara garis besar sejumlah persyaratan yang dibutuhkan untuk dapat bergabung menjadi mitra YouTube.

Sejumlah persyaratan untuk bergabung menjadi mitra YouTube (per Nopember 2020)
[sumber]


Apa itu YPP?

YPP (YouTube Partner Program) bisa dikatakan semacam MoU, atau semacam nota kesepahaman antara kita sebagai calon mitra untuk dapat bekerja sama dengan YouTube.

Jika kita ingin bergabung menjadi mitra YouTube dan digaji, maka kita harus ikut pedoman dan patuh dalam naungan kesepahaman YPP (YouTube Partner Program). Aturan atau pedoman ini dapat berubah seiring berjalannya waktu, disebabkan kondisi, situasi, perkembangan, dll. Namun setidaknya aturan yang tertera saya cantumkan disini adalah aturan yang sudah terupdate (per Nopember 2020). Untuk penjelasan ringkas mengenai YPP (YouTube Partner Program) silahkan klik dan baca disini.


Perihal AdSense

Sobat, ada sebenarnya suatu bagian yang tidak mungkin kita lupakan, yaitu AdSense. AdSense merupakan bagian dari perusahaan Google.


Logo AdSense

Sebuah channel YouTube untuk kepentingan komersil wajib menautkan akun channel YouTube ke AdSense agar pembagian atau pembayaran komisi dapat dilakukan. Melalui AdSense inilah mekanisme perhitungan dan pembagian komisi kepada mitra dilakukan.

Dibawah ini merupakan screenshot yang saya peroleh dari situs resmi Google perihal cara kerja AdSense (per Nopember 2020).

Cara kerja AdSense [sumber]

Saya sebenarnya tidak begitu ingat tepatnya, kapan saya mulai mendaftarkan akun channel YouTube saya ke AdSense. Akan tetapi, hal ini dilakukan beriringan. Perkiraan saya adalah awal-awal bulan tahun 2019.

Pada saat itu (tahun 2018 & 2019) kira-kira peraturan agar bisa lolos dan dapat bergabung menjadi mitra YouTube adalah kira-kira urutan sederhananya seperti dibawah ini:

1. Menyetujui YouTube Partner Program (YPP)
2. Mengaitkan akun channel YouTube ke AdSense (proses dilakukan dari YouTube)
3. Pengaturan monetisasi (pengaturan perihal iklan pada video)
4. Melengkapi proses pemenuhan syarat 4000 jam tayang dan 1000 subscribers

Sebenarnya tidak ada perbedaan dan perubahan signifikan dalam proses persyaratan ini, antara yang lama dan yang baru. Hanya terdapat perbedaan tampilan GUI "Graphic User Interface" atau antarmuka baik model lama yang lebih dikenal dengan tampilan "Classic Studio" maupun tampilan baru studio yang ada saat ini.

Jadi, secara garis besar aturan-aturan atau persayaratan pada saat itu (sebelum perubahan tampilan saat ini) masih bisa dikatakan hampir-hampir sama, atau bahkan sama saja. Hanya saja tampilan dan cara birokrasinya barangkali, saat ini diperbaharui berkesan jadi debih disederhanakan.

Persyaratan monetisasi channel.
Menu pada tampilan model lama pada Classic Studio YouTube




TAHAPAN-TAHAPAN

Selanjutnya sobat, inilah barangkali pokok pembahasan yang ingin diketahui pembaca. Dibawah ini adalah tahap demi tahap perjalanan channel YouTube saya dimulai dari 2 (dua) syarat awal yakni kewajiban pemenuhan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang publik, untuk dapat bergabung menjadi mitra, disetujui ke dalam YPP (YouTube Partner Program), hingga pada akhirnya potensi saya menerima komisi dari perusahaan raksasa Google.

Sebelumnya sekali lagi, saya ingin memberi rangkuman data channel YouTube saya dibawah ini, agar tahap-tahap selanjutnya dapat dengan mudah memahami keterkaitan perihal channel saya.
  • Awal mulai bergabung (pembuatan channel YouTube) pada 8 Agustus 2018
  • Video pertama di upload pada 21 Agustus 2019
  • Video terbaru di upload pada 3 Nopember 2020 (laporan per 6 Nopember 2020)
  • Jumlah total konten sebanyak 76 video (laporan per 6 Nopember 2020)
  • Jumlah tayangan sejak video pertama di upload sebanyak 221,858 views (Laporan per 6 Nopember 2020)


Langsung saja, berikut dibawah ini adalah tahap-tahap yang dimaksud.


TAHAP 1 - UCAPAN SELAMAT ATAS PEROLEHAN 1000 SUBSCRIBERS

Pemberitahuan yang masuk ke email saya atas nama "YouTube Creator" memberikan ucapan selamat atas perolehan 1000 subscribers pada tanggal 4 Maret 2020.


Email masuk ucapan selamat atas perolehan 1000 subscribers


TAHAP 2 - CHANNEL TELAH MEMENUHI JUMLAH 4000 JAM TAYANG DAN UCAPAN SELAMAT TELAH DITERIMA BERGABUNG DI YOUTUBE PARTNER PROGRAM

Proses pemenuhan 4000 jam tayang publik hanya tinggal hitungan jam (menjelang malam pada tanggal 3 Agustus 2020). Pada malam itu juga, pemenuhan 4000 jam tayang publik sudah terpenuhi.

Sesaat setelahnya kurang dari 1 (satu) jam, pemberitahuan melalui email dari "YouTube" ucapan selamat bahwa channel telah disetujui untuk ikut serta bergabung dalam YouTube Partner Program (YPP) pada malam hari itu juga 03 Agustus 2020.

Channel menjelang perolehan 4000 jam waktu tonton publik

Dan berikut dibawah ini email masuk, bukti tanda telah diterima dan disetujui untuk ikut bergabung dalam program YouTube Partner Program (YPP).

Pemberitahuan diterima untuk bergabung di YPP (YouTube Partner Program)
Tanggal 3 Agustus 2020

Untuk diketahui juga, dalam pemenuhan 2 (dua) syarat awal yakni pemenuhan 1000 subscribers dan 4000 jam tayang publik, biasanya para YouTuber diawali dengan keberhasilan pemenuhan 1000 subscribers terlebih dahulu. Karena syarat pertama ini cenderung lebih mudah ketimbang pemenuhan 4000 jam tayang publik yang dirasa sulit untuk dipenuhi.

Pada tahap 2 (dua) ini, alhamdulillah tidak perlu waktu lama bagi channel saya mendapatkan persetujuan (Approval) dari pihak YouTube untuk ikut dalam program YouTube Partner Program (YPP).

Ada kasus dimana dalam masa "Peninjauan" atau "Reviewing" dari pihak YouTube ini dimana channel yang belum sesuai syarat kelayakan maka persetujuan untuk bergabung pada YouTube Partner Program (YPP) akan ditangguhkan (withheld) atau bahkan tidak disetujui.

Untuk itu ada baiknya memperhatikan terlebih dahulu pedoman-pedoman yang tertuang pada YouTube Partner Program (YPP) dan Kebijakan monetisasi agar konten-konten kita tidak sia-sia.

Lalu, apabila kita sudah disetujui ikut bergabung dalam YouTube Partner Program (YPP), biasanya keesokan harinya iklan-iklan sudah mulai muncul di video-video channel kita. Atau hal ini dapat kita atur pada menu tambahan khusus yang terdapat pada mode YouTube Studio pengaturan iklan-iklan yang akan ditempatkan pada konten video kita.

Catatan:
"Peninjauan" atau "Reviewing" merupakan proses otomatis yang dilakukan pihak YouTube sesaat setelah kita memenuhi 2 (dua) persyaratan yaitu memenuhi 1000 subscriber dan 4000 jam tayang publik. Pada masa ini channel kita akan ditinjau kelayakannya apakah sudah sesuai atau belum, layak atau tidak layak untuk dapat bergabung menjadi mitra berdasar pedoman YPP (YouTube Partner Program).


TAHAP 3 - PERIHAL VERIFICATION THRESHOLD (AMBANG VERIFIKASI) UNTUK MENDAPATKAN SURAT PIN DARI GOOGLE ADSENSE & VERIFIKASI IDENTITAS (KTP/SIM/PASPOR)

Tahap ke 3 (tiga) ini merupakan garis besar dalam lingkup "Proses Penerimaan Surat PIN (Personal Identification Number)".

Surat PIN ini akan dikirim via Pos Indonesia dari pihak Google kepada kita. Terdapat 6 (enam) digit angka rahasia yang ada di dalam surat ini untuk nantinya di konfirmasikan dan selanjutnya kita input ke bagian yang sudah disediakan di akun AdSense yang terkait dengan channel YouTube kita.

Perihal verifikasi alamat PIN [sumber]

Sekedar catatan, pada tahap ke 2 (dua) diatas, kita sudah mulai menghasilkan pundi-pundi uang penghasilan dari konten video di channel YouTube kita. Akan tetapi pundi-pundi ini belum dapat kita cairkan dan biasanya hasilnya itu masih hanya dalam hitungan kurang dari $10 pada bulan pertama. Dalam beberapa hari awal, jumlahnya bahkan hanya baru beberapa dollar sen saja.

Berkaitan dari tahap ke 2 (dua) dimana kita sudah mulai mengumpulkan pundi-pundi keuntungan dari iklan, maka pada tahap 3 (tiga) ini merupakan kewajiban pemenuhan channel kita untuk terlebih dahulu menghasilkan pundi uang senilai $10 (ekuivalen Rp. 130.000,-).

Nilai $10 (ekuivalen Rp. 130.000,-) inilah yang merupakan bagian dari "Verification threshold" atau nilai ambang yang harus didapatkan terlebih dahulu agar surat PIN (Personal Identification Number) dapat dikirim dari Google AdSense melalui POS Indonesia ke alamat kita.

Nilai ambang verifikasi alamat [sumber]

Nah, selanjutnya apabila pemenuhan $10 (ekuivalen Rp. 130.000,-) diatas telah terpenuhi dan mencukupi, maka otomatis pihak Google akan memulai proses selanjutnya yang diawali dari pemberitahuan melalui email atas nama "Google Payment". Pemberitahuan ini mengharuskan kita untuk melakukan verifikasi identitas. Untuk itu ikuti petunjuk yang ada di isi email tersebut dengan baik dan benar.

Proses persetujuan verifikasi identitas ini bisa berlangsung lama apabila kita tidak mengikuti aturan yang baik dan benar berdasarkan apa yang diminta oleh pihak Google.

Sekedar informasi, saya menerima email pemberitahuan untuk verifikasi identitas ini yaitu pada 20 September 2020. Dapat dilihat dari bukti screenshot dibawah ini.

Email masuk, permintaan untuk melakukan prosedur
verifikasi identitas (20 September 2020)

Lanjutan isi email diatas (verifikasi identitas)

Untuk diketahui pula bahwa surat yang isinya 6 (enam) digit angka tersebut tidak akan dikirim sebelum kita melakukan verifikasi identitas dan disetujui. Berikut dibawah prosedur langkahnya.

  • Pertama: Verifikasi identitas (proses isi form dan upload dokumen identitas valid);
  • Kedua: Verifikasi identitas telah disetujui.

[PENTING!] Semua pemberitahuan berkaitan dengan channel YouTube kita, pembayaran, pemberitahuan persetujuan, dst., semuanya dikirim ke email yang berkaitan dengan channel. Untuk itu sejak proses pada tahap 1, 2, 3 dst., diharapkan untuk tidak melewatkan pemberitahuan tersebut di email anda. Karena informasi-informasi penting ini hanya diberitahukan dalam satu jalur yaitu alamat email yang bersangkutan pada channel kita.


TAHAP 4 - TINDAKAN SAAT VERIFIKASI IDENTITAS BERHASIL

Tahap ini merupakan apa tindakan yang dilakukan setelah verifikasi identitas disetujui & pihak Google mulai melakukan proses pengiriman surat PIN (Personal Identification Number).

Kita flashback terlebih dahulu, pengalaman yang saya alami perihal pemberitahuan permintaan  untuk melakukan verifikasi identitas masuk email tanggal 20 September 2020, sementara pemberitahuan verifikasi identitas telah berhasil dan disetujui yaitu diterima dihari yang sama pada tanggal 20 September 2020.

Berikut bukti pemberitahuan masuk ke email bahwa verifikasi identitas saya telah disetujui.

Email masuk, pemberitahuan verifikasi identitas telah disetujui
pada 20 September 2020

Baiklah, lalu apa tindakan kita setelah verifikasi identitas disetujui?

Sekali lagi, berdasar apa yang saya alami pada ke esokan harinya, merasa penasaran lalu saya mencoba log in atau membuka akun AdSense saya. Pada bagian beranda saya mendapati pemberitahuan yang mengatakan:

"Verify your billing address"

"We mailed you a PIN on Sept 21, 2020. It should take 2-4 weeks to arrive. Verify your address by entering the PIN we sent you".

Pemberitahuan bahwa surat PIN telah dikirim
sejak 21 September 2020

Dari keterangan pemberitahuan dan notifikasi diatas dapat disimpulkan bahwa pihak Google telah melakukan proses pembuatan surat berisi PIN (Personal Identification Number) untuk kita bahkan dinyatakan surat PIN tersebut sudah dikirim.

Surat PIN dari Google AdSense tersebut sudah dikirim sejak 21 September 2020. Perkiraan tiba ke alamat yakni selama 2 (dua) hingga 4 (empat) minggu ke depan.


TAHAP 5 - SURAT PIN (PERSONAL IDENTIFICATION NUMBER) TELAH SAMPAI TUJUAN

Dari apa yang saya alami disini, melihat pemberitahuan atau notifikasi dari AdSense diatas maka saya menunggu surat tersebut tiba. Saya menunggu cukup lama, lebih lama dari dugaan yang diperkiraan.

Saya menerima surat PIN dari Google AdSense tersebut yakni pada tanggal 5 Nopember 2020. Ini artinya sejak pertama kali pemberitahuan pengiriman surat tersebut pada tanggal 21 September 2020, maka waktu yang dibutuhkan surat tersebut sampai ke alamat saya yaitu sekitar 45 hari lamanya (satu setengah bulan lamanya).

Berikut dibawah adalah foto bukti surat tersebut sudah sampai di tangan saya, untuk selanjutnya akan saya lakukan input 6 (enam) digit angka rahasia tersebut ke akun AdSense di bagian yang telah disediakan.

Surat dari Google AdSense berisi PIN
diterima pada 5 Nopember 2020


TAHAP 6 - MEMASUKKAN/ INPUT 6 DIGIT ANGKA PIN KE AKUN ADSENSE

Baiklah, kini surat sudah ditangan, selanjutnya langsung saja masukkan atau input 6 (enam) digit angka rahasia yang terdapat di dalam surat ke bagian yang sudah disediakan di akun AdSense.

Tindakan memasukkan atau input PIN ke akun AdSense ini saya lakukan pada 6 Nopember 2020. Pada tahap ini, saya ingin ingatkan bahwa untuk berhati-hati, jangan sampai salah dalam input digit angka dikarenakan adanya batasan percobaan dalam melakukan hal ini. Untuk itu lakukanlah dengan penuh kehati-hatian.

Proses pengisian 6 (enam) digit angka PIN
telah berhasil dilakukan di akun AdSense


TAHAP 7 - PENETAPAN ATAU MENAMBAHKAN NOMOR REKENING BANK DI AKUN ADSENSE

Di hari yang sama, langkah selanjutnya saya melakukan penetapan nomor rekening bank. Penetapan rekening bank ini kita lakukan juga di dalam akun AdSense di bagian yang juga sudah disediakan.

Pihak Google tentu perlu untuk mengetahui kemana uang dari hasil tayang iklan di konten channel YouTube kita akan dikirim. Google perlu untuk mengetahui data rekening bank (nomor akun rekening bank valid dan aktif).

Berikut tindakan selanjutnya yang saya lakukan, kita dapat mengaturnya pada ilustrasi gambar dibawah ini.

Langkah 1. Proses penetapan rekening bank

Langkah 2. Proses penetapan rekening bank

Dapat disimpulkan pada gambar diatas, baik langkah 1 (satu) dan langkah 2 (dua) merupakan rangkaian proses pencantuman atau penetapan rekening bank dimana pihak Google akan melakukan transaksi pembayaran kepada kita.

Pada gambar langkah 2 (dua), terdapat pilihan berbagai nama perusahaan bank lokal di Indonesia, silahkan pilih bank yang sobat gunakan saat ini. Ingat untuk mendaftarkan nomor rekening bank harus valid dan aktif, juga isilah nomor rekening tersebut dengan hati-hati, jangan sampai salah angka.

Setelah kita mengisi data nomor rekening bank pribadi kita dengan benar dan akurat, disaat yang sama muncul jendela pemberitahuan pernyataan pihak Google akan mengirim atau mentransfer sejumlah 3 (tiga) digit angka atau kurang dari Rp. 1000,- ke akun rekening bank pribadi kita dalam 3 (tiga) hingga 5 (lima) hari kedepan.

Berikut dibawah ini ilustrasinya

Google akan mentransfer ke rekening kita sejumlah 3 digit angka
dalam 3 s.d 5 hari kedepan

Selanjutnya mari kita kembali perhatikan status dibagian penetapan rekening bank milik kita.  Perhatikan gambar dibawah ini.


Data rekening bank di AdSense masih menunggu validasi
verifikasi (3 digit angka)

Gambar diatas dapat diartikan bahwa rekening kita belum sepenuhnya dapat berfungsi di AdSense. Pada langkah ini adalah langkah dimana kita diharuskan menunggu pengiriman sejumlah nominal dari pihak Google  ke rekening pribadi kita. Nominal ini sebanyak 3 (tiga) digit angka atau kurang dari Rp. 1000,-.

Jangka waktu pengiriman nominal 3 (tiga) digit angka dari Google ini seperti yang telah kita ketahui adalah selama 3 s/d 5 hari. Untuk itu rajin-rajinlah memantau mutasi rekening kita selama masa ini.

Pengecekan dapat dilakukan melalui ATM atau bagi anda yang memiliki mobile banking juga dapat mengecek mutasi rekening (riwayat transaksi) untuk mengecek keberadaan jumlah nominal yang ditransfer dari Google ke riwayat transaksi rekening milik kita.


TAHAP 8 - PIHAK GOOGLE MENTRANSFER SEJUMLAH NOMINAL ANGKA KE REKENING, MELAKUKAN VALIDASI REKENING HINGGA REKENING SUDAH SAH DAN SIAP UNTUK DIGUNAKAN

Pada tanggal 6 Nopember 2020, lantas saya melakukan pengecekan riwayat transaksi atau mutasi rekening melalui m-Banking dari ponsel smartphone saya. Pada riwayat transaksi atau mutasi tadi, saya melihat adanya sejumlah nominal yang ditransfer dari pihak Google.

Berikut dibawah ini adalah bukti pengiriman 3 (tiga) digit angka yang ditransfer dari pihak Google. Angka ini digunakan untuk verifikasi keabsahan rekening bank milik kita nantinya di akun AdSense kita.

Riwayat transaksi atau mutasi
bukti pengiriman 3 (tiga) digit angka dari Google

Tanpa menunggu lama, selanjutnya saya segera melakukan input 3 (tiga) digit angka ini ke bagian dimana kita harus verifikasi di bagian "Pembayaran" akun AdSense tadi. Berikut dibawah ini ilustrasinya.

Proses validasi rekening bank di AdSense

Gambar diatas (pada bagian lingkaran merah) adalah tombol untuk melakukan proses verifikasi validasi. Untuk melakukan validasi maka kita harus melakukan verifikasi berupa input 3 (tiga) digit angka nominal yang ditransfer dari pihak Google ke rekening bank yang didaftarkan.

Silahkan klik tombol "VERIFY NOW" pada bagian yang dilingkari merah pada gambar diatas, maka selanjutnya seketika saat itu juga akan muncul jendela baru berjudul "Verify a deposit from Google".

Pada jendela baru yang muncul ini, sesuaikan digit angka (nominal transfer) yang dikirim dari Google ke rekening kita tadi. Lakukan penyesuaian ini dengan penuh ketelitian, jangan sampai ada kekeliruan dan kesalahan.

Berikut ilustrasi gambarnya dibawah ini.

Penyesuaian digit angka yang diperoleh
dari nominal transfer yang dikirim Google

Setelah mencocokkan nominal 3 (tiga) digit angka dengan benar, maka selanjutnya klik saja tombol biru "VERIFY". Maka selesai sudah proses verifikasi rekening bank kita.

Lihat ilustrasi gambar dibawah ini sebagai bukti bahwa rekening bank yang kita daftarkan di AdSense sudah ter verifikasi dan valid.

Rekening bank yang didaftarkan
sudah ter-verifikasi dan valid

Email masuk menyatakan rekening bank telah diverifikasi
(pertanda rekening sudah sah dan valid untuk digunakan)


PENUTUP

Demikian proses tahapan-tahapan yang saya alami perihal pengalaman saya dari awal pembuatan channel YouTube ini hingga saat sekarang ini. Apabila memungkinkan, maka saat ini saya tinggal menunggu pembayaran alias "Tinggal menunggu tranfer gaji dari Google".

Sekedar informasi bahwa ambang pembayaran (minimum nominal) yang dapat dicairkan dari pihak Google adalah berkisar Rp. 1.300.000,- dan nominal tersebut akan di transfer langsung ke rekening yang sudah absah dan di verifikasi. Pembayaran atau penggajian kepada mitra akan dilakukan biasanya sebelum akhri bulan.

Akhir kata, apabila ada sesuatu yang ingin disampaikan silahkan beri komentar melalui kolom komentar dibawah. Saya akan mencoba memberi pendapat atau solusi atas pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan artikel ini.

Terima kasih.
Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar