Rabu, 02 Oktober 2019

Tangkahan CTO (Community Tour Operator)

PUTRAWANKURNIA.BLOGSPOT.COM - Banyak sekali artikel yang tersedia di berbagai halaman, situs-situs internet mengenai lokasi wisata yang satu ini, tapi saya tak mau ketinggalan untuk membuat konten mengenai objek wisata Tangkahan di blog saya ini. Yah, hitung-hitung nambahin topik postingan lah biar rame.

Masa perkuliahan dikala tidak ada kegiatan akademi atau tanggal-tanggal yang bertepatan dengan hari yang pas, terkadang saya sering diajak sepupu saya ke lokasi wisata ini, tidak hanya pada masa kuliah namun ketika selesai dari sekolah Madrasah Aliyah Negeri (setara SLTA) kami kerap mengunjungi lokasi ini. Kala itu sekitar tahun 2007 s/d 2010, jadi rentang waktu tersebut saya kira masa-masa dimana kita masih banyak waktu untuk bersama-sama.

Berhubung akses dari kecamatan Tanjung Pura menuju lokasi ekowisata Tangkahan ini dapat ditempuh melalui jalan-jalan pemukiman daerah yang mudah dilalui oleh sepeda motor, maka dikala tidak ada kegiatan kami memutuskan menuju lokasi ini.
 
Nah, dalam postingan kali ini saya akan berbagi beberapa hasil foto destinasi wisata Tangkahan yang baru-baru ini saya lalui bersama adik dan keponakan saya.

Kawan, kalau mau kemari (menuju lokasi ekowisata Tangkahan) menggunakan bantuan navigasi Google Map, sepertinya sulit deh. Ada beberapa hal yang perlu kawan-kawan antisipasi antara lain :

  1. Berikan nama atau keyword atau kata kunci yang tepat dalam kotak pencarian untuk menuju lokasi tujuan yang dimaksud pada Google Map. Nama atau keyword atau kata kunci yang tepat  untuk lokasi tujuan objek wisata ini di Google Map yaitu "Tangkahan CTO";
  2. Terdapat lokasi di Google Map dengan nama atau keyword "Tangkahan", akan tetapi lokasi dengan nama ini berbeda dan bukan merupakan objek wisata melainkan nama sebuah kelurahan, jadi jangan sampai keliru;
  3. Akses navigasi menuju tujuan lokasi dengan kata kunci "Tangkahan CTO" pada Google Map masihlah belum tersedia (unavailable).

Apabila kawan mengetik dengan hanya kata kunci "Tangkahan" pada Google Map, maka yang muncul adalah map dibawah ini :


Saya juga baru menyadari hal ini, ketika mulai mengetik keyword "Tangkahan" pada kolom pencarian peta yang tersedia. Beberapa pengunjung yang memberikan kontribusi foto-foto mereka ke Google Map berkaitan dengan objek wisata "Tangkahan", memberikan titik lokasi "Tangkahan" yang lokasi nya berbeda sama sekali dengan objek wisata alam.

Lokasi dengan kata kunci "Tangkahan" yang mereka berikan untuk foto-foto tersebut merupakan nama sebuah kelurahan yang berada di kecamatan Medan Labuhan yang masih merupakan bagian wilayah kota Medan.

Coba kita lihat gambar yang saya capture di Google Map yang kemudian saya edit dan beri beberapa keterangan sebagai berikut :

Gbr. 1 : Pencarian Google map yang muncul pertama sekali
ketika mengetik "Tangkahan"

Pada gambar 1 (satu) diatas menerangkan adanya penunjukan foto yang tidak pada tempatnya, hal ini disebabkan kurang akuratnya para pengunjung atau seseorang yang melakukan kontribusi foto terkait sebuah lokasi di Google Map yang seseorang tersebut kunjungi.

"Tangkahan" pada gambar 1 (satu) diatas itu adalah nama kelurahan bro! yang berada di kecamatan Medan Labuhan yang merupakan bagian dari kota Medan juga.

Kekeliruan ini adalah lumrah, karena masyarakat pada umumnya hanya mengetahui istilah "Tangkahan" karena memang sejak objek ini pertama sekali dijadikan lokasi objek wisata sekitar tahun 1990-an, daerah objek wisata ini sudah populer dengan sebutan Tangkahan.


Titik lokasi yang benar menuju objek wisata Tangkahan CTO :






Map diatas adalah penunjukan titik lokasi yang tepat dari lokasi wisata yang diberi nama Ekowisata Tangkahan atau Tangkahan CTO. Namun apabila kawan-kawan mau berniat menggunakan Google Map sebagai penunjuk arah atau navigasi ke lokasi yang bersangkutan, saya sudah mencoba hal ini sejak tulisan saya ini saya buat 23 Agustus 2019, navigasi atau direction driving menuju lokasi ini sama sekali belum tersedia dalam bentuk apapun di Google Map.

Berikut dibawah ini lagi-lagi yang saya captured dari Google Map yang kemudian saya edit dan beri beberapa keterangan sebagai berikut :

Gbr. 2 : Pencarian lokasi wisata "Tangkahan" yang benar di
Google map


Penutup


Kawan, Tangkahan ini banyak tempat atau lokasi jalan-jalan yang kita dapat kunjungi. Selain lokasi-lokasi pemandian yang membuat kita rajin mandi, ada pula beberapa tempat seperti lokasi dimana bisa kita melihat gajah-gajah, ada pula sarana tubing menuju tujuan lain (bersama dengan pemandu lokal tentunya) yang menuju lokasi air terjun.

Ada pula lodges atau tempat penginapan, warung-warung kecil dimana jalan-jalan telusurnya berasa menyusuri jalur-jalur mini yang membuat hati senang, tak jauh dari area ini pula sebagai sarana penyeberangan sungai, terdapat jembatan gantung yang jaraknya tinggi dari permukaan sungai.

Selamat berlibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar