Kamis, 26 November 2020

Menampilkan batas teks & penggaris pada Word 2010

PUTRAWANKURNIA.BLOGSPOT.COM - Microsoft Word 2010 pertama kali hadir pada tahun 2010, sementara pengembangan software ini tentu sudah ada sebelum tahun 2010. Hanya saja peluncuran software milik Microsoft ini baru diluncurkan pada tahun 2010 dan resmi dipasarkan secara global pada tahun tersebut. Sebelum Microsoft Office 2010 lebih dahulu hadir Microsoft Office 2007 dan setelah Microsoft 2010 ada Microsoft 2013 dan seterusnya.

Kali ini saya mau berbagi tips seputar pengoperasian pada Microsoft Office Word 2010. Langkah-langkah dibawah ini adalah bagaimana cara untuk menampilkan batas teks atau marjin lembar kerja dan menampilkan "ruler" atau penggaris yang terdapat diatas lembar kerja. Dimana penggaris atau "ruler" ini berfungsi sebagai panduan teks atau kalimat agar tulisan kita lebih terlihat terstruktur dan rapi.

Tampilan awal Ms. Word 2010 polos (belum ada batas teks atau batas marjin dan penggaris)

  

Langkah I - Membuka menu "Options"

Buka menu "File", dan langsung pilih dan klik bagian "Options"

Langkah 1 - Buka menu "File" lalu pilih "Options"


Langkah II - Menu "Advanced"

Setelah muncul kotak dialog berikutnya, langsun klik di bagian yang bertuliskan "Advanced". Pada bagian ini, coba lakukan penggulungan atau scroll kebawah hingga terlihat pilihan pada bagian nomor 2 (dua), carilah pilihan yang bertuliskan "Show text boundaries".

Langkah II - Pilih menu "Advanced" pada jendela Word options

Setelah ditemukan, pada pilihan yang diberi tanda kotak merah di nomor 2 (dua), maka coba ceklis atau centang saja. Selanjutnya klik tombol "OK".

Sampai pada tahap ini, maka kita sudah dapat melihat ada garis imajiner atau garis bantu sebagai pedoman batas halaman. Batas halaman ini dinamakan marjin atau pinggiran batas teks dari isi dokumen.


Langkah III - Menampilkan "Ruler" atau Penggaris

Cara 1

Klik pada menu ribbon atau menu utama bertuliskan "View". Dari menu tersebut terdapat pada gambar bertanda nomor 2 (dua), lalu lakukan ceklis pada pilihan bertuliskan "Ruler", apabila pilihan ruler sudah di ceklis maka anda tidak perlu lagi melakukan ceklis dibagian itu.

Langkah III (Cara 1) - Menu "View" terdapat pilihan untuk menampilkan penggaris atau "Ruler"

Cara 2

Untuk cara yang kedua ini sangatlah mudah, silahkan klik saja simbol yang terdapat pada bagian yang sudah ditandai dibawah ini (perhatikan gambar), maka penggaris atau ruler tersebut akan langsung muncul apabila simbol tersebut kita klik.

Langkah III (Cara 2) - Simbol untuk menampilkan penggaris atau "Ruler"

 

Hasil Akhir

Hasil akhir, batas teks halaman dan penggaris atau ruler telah muncul

Demikianlah tips mengenai bagaimana cara menampilkan penggaris atau ruler dan menampilkan batas teks atau disebut juga boundaries pada Microsoft Office Word 2010, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar